Jumat, 26 Oktober 2012

Hedwig

Nonton atau baca Harry Potter, tidak lengkap tanpa memperhatikan segala macam peliharaan dan juga makhluk-makhluk di Dunia Sihir. Yang paling menarik perhatian saya adalah burung hantu peliharaan Harry, yup Hedwig! Bukan karena saya merasa dia spirit animal saya, tapi siapa sih yang tidak suka sama burung hantu?? Apalagi burung hantu yang cerdas dan setia seperti Hedwig?? Not me obviously!



Hedwig (1991-1997) adalah Burung Hantu Salju (Bubo scandiacus) peliharaan Harry Potter. Burung betina ini diberikan oleh Rubeus Hagrid kepada Harry sebagai hadiah ulang tahun kesebelasnya, pada tahun 1991 yang dibeli Hagrid di Eeylops Owl Emporium. Biasanya burung hantu digunakan oleh para penyihir untuk mengirimkan pesan tapi Hedwig merupakan pendamping utama Harry saat Harry mulai memasuki Dunia Sihir, dan Hedwig terus menjadi pendamping Harry sampai kematiannya pada Pertempuran Tujuh Potter di tahun 1997.

Hagrid membelikan Harry, Hedwig sebagai hadiah ketika mereka sama-sama pergi ke Diagon Alley. Harry memberi nama burung hantunya Hedwig ketika menemukan nama tersebut dalam buku Sejarah Sihir. Sebelum memasuki tahun pertamanya di Hogwarts, Harry selalu bersama-sama dengan Hedwig dalam kamarnya, menjauhkan Hedwig dari keluarga Dursley, karena Hedwig satu-satunya makhluk hidup di rumah itu yang tidak membenci Harry. Selama hidupnya, Hedwig memberikan Harry jasa mengantarkan pesan serta kesetiaan. Hedwig sering menunjukkan kasih sayangnya pada Harry dengan menggigit telinga atau tangan Harry dengan lembut dan tampaknya memahami segala keinginan Harry.

Hedwig juga merupakan burung yang cerdas, ketika Hedwig terbang ke Prancis atas kemauannya sendiri saat Hermione Granger sedang berlibur disana bersama dengan orang tuanya, hanya untuk memastikan bahwa Harry harus menerima hadiah dari Hermione di ulang tahun ketigabelasnya, kemudian tiba di Leaky Cauldron segera setelah Harry keluar dari Privet Drive karena bertengkar dengan keluarga Dursley. Hedwig juga dapat mengantarkan surat meskipun tidak ada alamat jelas yang diberikan padanya. Hedwig adalah makhluk yang bangga akan dirinya. Hedwig memiliki kebiasaan melotot, senang memamerkan ekornya pada Harry, atau memukuli Harry dengan sayapnya, atau bahkan menggigit Harry lebih keras daripada biasanya jika Hedwig tersinggung dengan kata-kata atau tindakan Harry yang tidak dipikirkan dahulu. Hedwig juga tampaknya suka meremehkan sikap hiperaktif burung hantu milik Ron Weasley, bernama Pidwidgeon.

Ketika tinggal bersama keluarga Dursley, Hedwig dikurung didalam kandangnya terus-menerus untuk mencegah Harry mengirimkan pesan kepada teman-temannya menggunakan Hedwig. Hal ini membuat Hedwig frustasi dan bosan, sama seperti yang Harry rasakan. Saat Harry diselamatkan oleh kakak-beradik Weasley di tahun 1992, Hedwig dilepaskan dari kandangnya dan dibiarkan terbang mengikuti mobil terbang  Ford Anglia menuju ke The Burrow (tempat keluarga Weasley tinggal). Pada tahun 1992 ketika Harry menyangka bahwa teman-temannya telah melupakannya Harry merenung bahwa Hedwig satu-satunya alasan Harry tahu bahwa dia telah memasuki dunia sihir dan bukan hanya sekedar mimpi. Untungnya, suara Hedwig yang berseru-seru karena frustasi selama tinggal dengan keluarga Dursley meyakinkan keluarga itu untuk membiarkan Hedwig terbang keluar selama Harry tidak menggunakan Hedwig untuk mengirim pesan.

Burung Hantu Salju bukan burung asli Inggris, dan ini menyebabkan kerepotan, karena Hedwig tidak bisa terus-terusan melaksanakan perintah Harry. Khususnya, ketika Sirius Black bersembunyi dari Kementrian Sihir pada tahun 1994, Harry tidak mau menggunakan Hedwig untuk mengirimkan pesan kepada Sirius. Hal ini menimbulkan perselisihan kecil diantara Harry dan Hedwig, karena burung itu benci diperlakukan seperti itu. Pada tahun 1995, Hedwig diserang oleh asosiasi Dolores Umbridge ketika Umbridge mencoba mencegat pesan untuk Harry, sehingga membutuhkan Dobby dan Professor Grubby-Plank untuk merawat Hedwig agar sehat kembali.

Pada tahun 1997, Hedwig dibunuh saat terjadi Pertempuran Tujuh Potter. Ketika berada di udara Pelahap Maut mengeluarkan Kutukan Pembunuh, yang ditujukan kepada Hagrid, tetapi malah mengenai Hedwig, yang langsung terbunuh. 

Kesedihan Harry semakin bertambah, ketika Harry harus menghancurkan bagian motor dimana terdapat tubuh Hedwig disitu untuk memperlambat kejaran para Pelahap Maut. Harry sangat hancur karena kehilangan Hedwig, yang membuat teman-temannya menenangkannya.

Hedwig sangat setia pada Harry dan sering menunjukkan kasih sayangnya dengan menggigit Harry dengan lembut. Hedwig kadang-kadang bertengkar dengan tuannya, tapi tidak lama kemudian akan langsung berbaikan. Hedwig mematuhi apapun perintah Harry, bahkan mematuk Ron dan Hermione atas perintah Harry, agar keduanya menulis surat balasan kepada Harry. Hedwig adalah makhluk yang bermartabat dan bangga akan dirinya, dan mencela burung hantu yang tidak sempurna seperti Pigwidgeon. Hedwig juga suka membuat keributan jika dia dikurung terlalu lama dalam kandangnya.




Difilm, Hedwig diperankan oleh burung hantu salju bernama Gizmo dan  dua burung hantu salju lainnya bernama Ook dan Sprout. Ketiganya burung jantan.

If you could bring one pet to Hogwarts, what would it be? A Toad, owl, rat or cat? And what would you name it? Let me know ^.^

Source: Harry Potter Wiki

0 komentar :

Posting Komentar