Rabu, 24 April 2013

Animagus

Jika kita suka Metamorphmagus, pasti suka juga pada Animagus. Hanya saya? Entahlah, saya jadi tertarik dengan Animagus saat membaca Harry Potter dan Tawanan dari Azkaban. membuat saya berpikir jika saya bisa jadi Animagus, kira-kira bakal jadi hewan apa ya? Karena Animagus mengambil ciri-ciri bentuk tubuh dan kepribadian seseorang. I think I would be a Snail... saya rasa saya bakal jadi siput (?) 





Seorang Animagus (pl: Animagi) adalah penyihir yang dapat mentransformasikan dirinya menjadi hewan kapan saja dia mau. Tidak seperti Metamorphmagus yang sudah jelas dapat diturunkan atau diwariskan, untuk menjadi Animagi harus belajar. Pengetahuan tentang Animagi ini di ajarkan di Hogwarts pada tahun ketiga dalam kelas  Transfigurasi.

Hanya  penyihir yang kuat dan berbakat  yang dapat menjadi Animagi. Proses untuk menjadi seorang Animagus sangat panjang  dan sulit sehingga berpotensi menjadi bumerang dan menyebabkan transformasi menjadi mengerikan. Begitu pelatihan awal selesai, seseorang dapat berubah menjadi Animagus sesuai keinginan dengan atau tanpa menggunakan tongkat sihir.

Animagi hanya bisa mengambil satu bentuk hewan tertentu. Hewan ini tidak dapat dipilih sesuai keinginan si penyihir tetapi ditentukan oleh kepribadian dan ciri-ciri penyihir tersebut. Bisa juga bentuk utuh dari Patronus seseorang menunjukkan bentuk Animaginya. Sebagai contoh, kita tahu bahwa di buku ke-7 Harry Potter dan Relikui Kematian, Profesor McGonagall, patronusnya adalah kucing dan animaginya juga kucing. Tampaknya memang wujud Patronus seseorang dapat menentukan wujud yang sama untuk bentuk Animagusnya. Hal ini merujuk pada Patronus dari James Potter yang adalah Rusa Jantan, dia mengambil wujud ini saat berubah menjadi Animagi. Patronus istrinya adalah Rusa Betina. Satu-satunya keraguan dari teori ini adalah jika seseorang berubah wujud menjadi bentuk Animaginya, orang itu tetap mempertahankan jenis kelamin dari wujud manusianya, sedangkan bentuk Patronus dari Severus Snape adalah Rusa Betina karena cintanya kepada Lily Potter. Sehingga dapat disimpulkan bahwa mungkin agak berbeda antara Patronus dan bentuk Animagi. Tidak diketahui apakah Animagi dapat mengambil lebih banyak bentuk dari ‘makhluk gaib’. Animagus dalam bentuk hewannya tidak dibatasi batasan umur dari hewan yang mereka ambil bentuknya, terlihat pada kasus Wormtail, yang hidup dalam bentuk Animagusnya yaitu tikus, selama hampir setidaknya duabelas tahun, padahal faktanya, tikus memiliki umur yang pendek.

Setiap Animagus memiliki tanda pengenal pada bentuk hewan mereka yang mirip dengan tanda dari bentuk manusia mereka. Bisa dari bentuk tubuh misalnya struktur gigi atau sifat yang diperoleh, seperti, kaca mata. Sebagai contoh, Minerva McGonagall dan Rita Skeeter memiliki tanda pada bentuk Animagus mereka disebabkan oleh kacamata dan Peter Pettigrew memiliki bagian yang botak pada bentuk Animagusnya karena dia memiliki kepala yang botak. Jika Animagus mengalami perubahan fisik yang besar, seperti kehilangan anggota tubuh, maka bentuk hewan mereka juga akan mencerminkan hal tersebut, seperti dalam kasus jari Peter Pettigrew.

Sebagai tambahan, seorang Animagus akan kehilangan pakaiannya begitu mereka berubah bentuk. Pakaiannya akan muncul kembali saat mereka berubah bentuk menjadi wujud manusianya. Tidak diketahui apa sebenarnya yang terjadi dengan pakaian mereka. Kemungkinan besar adalah, pakaiannya disihir terlebih dahulu dan akan bertransformasi/menghilang bersama-sama dengan orang yang berubah. Contohnya adalah ketika Peter Pettigrew bertransformasi menjadi tikus saat Sirius Black dan Severus Snape sibuk menangani manusia serigala Remus Lupin. Penjelasan lainnya adalah pakaian juga ikut berubah, misalnya berubah menjadi bulu atau kulit sesuai dengan bentuk hewan seseorang.

Perbedaan antara Transfigurasi dan kemampuan transformasi seorang Animagus  adalah Animagus dapat berubah menjadi hewan kapanpun mereka mau, tanpa tongkat sihir maupun mantra. Menjadi Animagus adalah sebuah kemampuan, sedangkan Transfigurasi membutuhkan sihir. Seorang Animagus tetap berpikir layaknya manusia meskipun berada dalam bentuk hewan, mengingat Rita Skeeter masih bisa menguping pembicaraan orang saat dia berada dalam bentuk kumbang. Namun, perasaan Animagus tidak serumit manusia ketika mereka berada dalam bentuk hewan mereka.

Seorang Animagi juga memiliki kemampuan untuk berkomunikasi dengan manusia. Tampaknya ada pemahaman yang jelas tentang keinginan dan kebutuhan dalam kemampuan ini tapi tingkat dan kualitasnya tidak diketahui. Bentuk Animagus dari Sirius Black, adalah seekor anjing hitam besar bernama Padfoot atau Snuffles (nama panggilan yang diberikan oleh Harry, Ron dan Hermione), dapat berkomunikasi pada level tidak sempurna dengan Crookshanks, kucing separuh kneazle milik Hermione Granger. Bentuk tepat dari komunikasi yang dimaksud diatas belum diketahui, meskipun bukan telepati karena Sirius tidak tahu nama Crookshanks, sampai Hermione memberitahukan padanya. Sama seperti Peter Pettigrew yang mengerti petunjuk dan arah dari tikus yang ditemuinya, saat dia berkeliling Albania untuk mencari Voldemort.

Ada mantra tertentu yang diciptakan, berbentuk cahaya putih dan biru yang memaksa seorang Animagus berubah dari bentuk hewannya menjadi manusia. Remus Lupin dan Sirius Black menggunakan mantra ini untuk memaksa Peter Pettigrew merubah wujudnya menjadi manusia. Mantra ini kemungkinan adalah Mantra Homorphus yang diklaim Gilderoy Lockhart pernah digunakannya pada Wagga Wagga Werewolf untuk memaksanya berubah menjadi bentuk manusia.

Juga patut digaris bawahi bahwa Manusia Serigala pada dasarnya berbeda dengan Animagi. Lycanthropy disebabkan karena infeksi darah yang ditularkan melalui gigitan Manusia Serigala. Sementara Animagus adalah keahlian yang dipelajari. Para Manusia Serigala tidak bisa mengontrol pikiran mereka setelah bertransformasi (kecuali jika mereka meminum ramuan Wolfsbane), ataupun mengontrol diri mereka saat bertransformasi, sedangkan Animagi dapat mengontrol pikiran dan diri mereka ketika bertransformasi. Meskipun begitu, manusia serigala hanya menyerang manusia, Animagi, selama mereka berada dalam bentuk hewan mereka, akan aman berada di dekat Manusia Serigala.

Setiap Animagus diwajibkan mendaftarkan diri di Kementrian Sihir pada bagian Kantor Penggunaan Sihir Tidak Sah. Pendaftaran termasuk memperlihatkan bentuk hewan dan tanda khususnya. Pendaftaran terbuka untuk umum. Alasan utama pendaftaran adalah untuk memastikan bahwa Animagi tidak menyalahgunakan kemampuan mereka, dan agar Kementrian dapat dengan mudah melacak mereka. Satu contoh adalah karena Sirius Black merupakan Animagus yang tidak terdaftar, dia dapat menggunakan bentuk hewannya untuk kabur dari Azkaban, karena Kementrian tidak memperhitungkan hal ini ketika memenjarakannya.

Hukuman bagi yang tidak mendaftarkan dirinya ke Kementrian adalah dikirim ke Azkaban, dikurung hingga jangka waktu yang tidak diketahui. Rita Skeeter berhenti menulis artikel selama bertahun-tahun, sebagai mata pencaharian utamanya, agar Hermione Granger tidak melaporkan bahwa Rita tidak terdaftar dan setuju menulis artikel secara gratis atas permintaan Hermione. Ini menunjukkan bahwa dikirim ke Azkaban untuk waktu yang cukup lama adalah hukuman yang sangat mengerikan.

Karena kesulitan sihir tingkat tinggi termasuk dalam pembelajaran menjadi Animagus, menyebabkan penyihir dengan kemampuan Animagus sangat langka. Semuanya total ada tujuh Animagi yang terdaftar pada abad duapuluh. Juga karena sihir tingkat tinggi ini, makanya para Animagus diminta untuk mendaftarkan diri.

Animagus adalah kombinasi dari kata “animal” (hewan) dan kata Latin “magus”, yang berarti “animal wizard” 


DAFTAR ANIMAGI YANG DIKETAHUI


Falco Aesalon : Elang; Animagus pertama yang pernah dicatat; sistem pendaftaran belum ada pada masanya
Morgan Ie Fya : Burung; sistem pendaftaran belum ada pada masanya
Cliodna : Burung Pantai; sistem pendaftaran belum ada pada masanya
Minerva McGonagall : Kucing Betina; terdaftar
James Potter : Rusa Jantan; tidak terdaftar
Sirius Black : Anjing Jantan; tidak terdaftar
Peter Pettigrew : Tikus; tidak terdaftar
Rita Skeeter : Kumbang; tidak terdaftar
Babbitty : Kelinci. Karakter fiksi

If you are an Animagus what animal do you think you would become, according to your personality and your physical appearance? And why? Let me know ^.^

Source: Harry Potter Wiki

0 komentar :

Posting Komentar