Minggu, 21 Oktober 2012

Angelina Johnson

Dalam film Harry Potter ada beberapa karakter cewek-cewek keren yang saya rasa tidak banyak dapat screen time. Salah satunya, kapten tim Quidditch Gryffindor satu ini. Meskipun banyak Potterheads yang benci sama dia (saya sih malah iri, dia bisa dekat dan akhirnya menikah dengan George Weasley!) Tapi dia ini salah satu karakter cewek favorit saya lho! 


Angelina Johnson lahir antara tanggal 19 dan 25 Oktober 1977, adalah seorang penyihir dan anggota dari Laskar Dumbledore sebuah organisasi rahasia yang dibentuk dan dipimpin oleh Harry Potter. Pada tahun 1998, dua tahun setelah Angelina lulus dari Hogwarts, dia kembali dan bertempur melawan penyihir hitam Voldemort beserta dengan pengikutnya. Setelah Pertempuran Sihir Dua berakhir, Angelina menikah dengan George Weasley, dan memiliki dua orang anak yaitu: Fred II dan Roxanne Weasley. Angelina digambarkan sebagai penyihir yang bertubuh tinggi dengan mata coklat dan rambut hitam panjang yang sering dikepang. 

Angelina lahir dikeluarga penyihir yang sepertinya Berdarah Murni atau Berdarah Campuran. Angelina mendapatkan surat dari Hogwarts ketika dia hampir berumur duabelas tahun. Angelina memulai sekolahnya di Hogwarts pada tahun 1989, dan diseleksi masuk ke Gryffindor bersama dengan Alicia Spinnet, Fred dan George Weasley, Katie Bell dan Lee Jordan yang tampaknya menyukai Angelina dan sering membuat komentar yang isinya mengagumi Angelina saat menjadi komentator pertandingan Quidditch sehingga sering membuat Profesor McGonagall menegurnya. Angelina merupakan murid populer di Hogwarts dan bergabung dengan tim Quidditch sebagai Chaser, sebelum memasuki tahun ketiganya bersekolah disana.

Angelina tidak begitu akur dengan Oliver Wood, dan sering sekali mengoreksi kata-kata Wood yang menyebut pemainnya dengan sebutan "bung" atau "pemuda" karena menurut Angelina, dia, Alicia Spinnet dan Katie Bell adalah pemain wanita. Ketika akhirnya Harry Potter masuk ke Hogwarts dan Profesor McGonagall menyaksikan kemampuan Harry menggunakan Sapu Terbang, McGonagall menunjuk Harry sebagai Seeker tim dan akan bermain bersama Angelina dalam pertandingan Quidditch pertama Harry.

Ditahun kelima Angelina bersekolah, Kapten Oliver Wood memberikan banyak tekanan terhadap tim karena ini adalah tahun terkakhir Wood bersekolah di Hogwarts dan dia ingin memenangkan piala Quidditch untuk Gryffindor. Angelina dan Katie membicarakan penampilan pemain Hufflepuff, Cedric Diggory sebelum pertandingan dan menunjukkan kekaguman mereka terhadap Cedric. Saat pertandingan terjadi badai, sehingga sapu Angelina terbakar karena sambaran petir. Ketika sadar, Angelina sudah berada di Hospital Wing sebagai salah satu pasien bersama dengan Harry Potter. Gryffindor memenangkan piala Quidditch tahun itu.

Pada tahun 1994, Hogwarts menyelenggarakan Turnamen Triwizard, sebuah turnamen dimana seorang penyihir diuji keberanian dan keterampilannya sehingga dianggap terlalu berbahaya bagi penyihir dibawah usia tertentu. Angelina termasuk dalam beberapa murid yang memasukkan namanya kedalam Piala Api karena dia telah mencapai usia yang sesuai untuk mengikuti turnamen tersebut seminggu sebelumnya, tetapi Angelina tidak terpilih sebagai juara. Teman-temannya, Fred dan George juga memasukkan nama mereka kedalam Piala Api, dan berada dalam pengaruh Ramuan Penua karena mereka masih dibawah umur, tetapi akhirnya ramuan tersebut menjadi senjata makan tuan bagi keduanya. Selama turnamen berlangsung, pertandingan Quidditch dibatalkan dan Angelina belum boleh menempati posisi sebagai kapten setelah Wood lulus, karena belum diperlukan.

Meskipun tidak terpilih sebagai juara, Angelina tetap mendukung Harry Potter dan Cedric Diggory. Angelina terlihat memberikan dukungan terhadap Harry bersama dengan George dan Fred saat Harry berusaha menyelesaikan tantangan pertamanya, dimana Harry menggunakan kemampuan terbangnya guna menghindari Naga demi mendapatkan telur yang dijaga oleh naga tersebut. Pada tahun yang sama pula, sebagai kebiasaan dari Turnamen Triwizard, Hogwarts mengadakan Yule Ball (pesta dansa di Malam Natal). Angelina diajak ke Yule Ball oleh Fred Weasley.

Pada tugas terakhir dalam turnamen para juara diharuskan memasuki labirin dan bertanding untuk menemukan Piala Triwizard agar bisa memenangkan pertandingan. Harry Potter dan Cedric Diggory sama-sama menemukan piala tersebut, tetapi piala itu telah diberi mantra sehingga berubah menjadi Portkey yang membuat keduanya berpindah tempat kesebuah area pekuburan di Little Hangleton. Cedric kemudian dibunuh oleh Peter Pettigrew atas perintah Lord Voldemort, sementara darah Harry digunakan untuk membangkitkan Pangeran Kegelapan. Harry akhirnya dapat kembali ke Hogwarts dengan tubuh Cedric yang sudah tidak bernyawa dan Angelina berada bersama dengan orang-orang yang pertama kali menyadari bahwa sesuatu yang buruk sedang terjadi.

Pada akhir tahun pelajaran Angelina menghadiri Upacara Mengenang Cedric Diggory yang diselenggarakan oleh Albus Dumbledore, Angelina menghadiri upacara itu dengan sangat sedih; meingingat tahun-tahun sekolahnya bersama Cedric, Cedric adalah murid yang populer dan sangat menggemari Quidditch sama seperti Angelina. Selama upacara berlangsung Dumbledore memberitahukan para murid, bagaimana persisnya kematian Diggory dan menegaskan bahwa Lord Voldemort telah kembali berkuasa, keputusan Dumbledore memberitahukan para siswa ini bertentangan dengan keinginan Kementrian Sihir

Setelah Oliver Wood lulus dari Hogwarts pada tahun 1994, dan setelah Turnamen Triwizard berakhir, Angelina diangkat menjadi kapten Quidditch. Menjadi kapten ternyata tidak mudah bagi Angelina dan membuatnya stres. Angelina mengatakan bahwa dia menyesal dulu terlalu keras terhadap Oliver Wood ketika Wood menjadi kapten. Angelina adalah kapten yang pantang mundur dan tidak mengenal kata kalah. Ketika George, Fred dan Harry tidak diijinkan bermain Quidditch karena berkelahi (meskipun ijin mereka segera ditarik setelah Dolores Umbridge dikeluarkan dari Hogwarts), Angelina merasa semakin ditantang ketika dia harus menahan amarahnya terhadap sesama anggota tim yang baru bergabung, salah satunya adalah Ron Weasley yang tidak terlalu bagus dalam mengoper. 

Angelina sangat marah pada Harry, mengatakan bahwa ini semua adalah kesalahan Harry karena Harry harus mendapat hukuman, dan memerintahkan Harry agar Harry melakukan apapun agar hukumannya dicabut dan bisa datang mengikuti latihan. Ketika Angelina akhirnya pergi, Harry mengomentari kelakuan Angelina dengan mengatakan bahwa mereka harus memeriksa Puddlemere United (tim Quidditch yang bermain untuk Inggris dan Irlandia) apakah Oliver Wood masih hidup karena kelihatannya Angelina telah kerasukan roh Wood.

Mengetahui bahwa Harry tidak dapat meyakinkan Umbridge untuk mengganti hukumannya di hari Jumat, dengan marah Angelina mengatakan bahwa, anak-anak yang ingin tetap berada dalam tim akan menemukan bagaimanapun caranya agar bisa datang ikut latihan. Jumat malam, setelah latihan percobaan, Angelina meminta maaf pada Harry atas kekasarannya. Selain minta maaf Angelina juga berharap agar Ron yang datang dari keluarga dengan pemain Quidditch yang hebat, dapat berkembang menjadi pemain yang bagus sedikit demi sedikit.

Pada tahun ketujuhnya, Angelina bersama dengan teman-temannya Katie Bell, Alicia Spinnet, Lee Jordan, George dan Fred Weasley bergabung dalam perkumpulan yang dibentuk untuk melawan Umbridge, yaitu Laskar Dumbledore. Angelina bergabung dengan kelompok ini karena dia membenci Umbridge yang mengeluarkan para pemain terbaik Gryffindor untuk menguntungkan Slyterin. Saat pertemuan terakhir dengan LD sebelum libur Natal, Angelina mengatakan pada Harry bahwa dia telah berhasil menemukan Seeker dan Beater terbaru untuk tim Quidditch. Seekernya adalah Ginny Weasley dan Beaternya adalah Andrew Kirke dan Jack Sloper.

Setelah lulus dari Hogwarts Angelina tetap berhubungan dengan teman-temannya seperti Oliver Wood, Katie Bell, dan Alicia Spinnet dan juga menyimpan koin LD-nya karena jika suatu waktu terjadi pertempuran dia selalu siap dipanggil untuk membantu. Ketika Pertempuran di Hogwarts pecah Angelina datang ke Hogwarts bersama teman-temannya dan melawan para Pelahap Maut. Angelina selamat.

Setelah Pertempuran di Hogwarts berakhir hubungan Angelina dan George Weasley semakin dekat. Kematian Fred membuat keduanya merasa kehilangan (terlebih lagi George). Mungkin karena sama-sama merasa kehilangan, keduanya kemudian menjadi dekat dan mereka akhirnya menikah dan memiliki dua orang anak: Fred II dan Roxanne Weasley.

Angelina adalah nama Latin dari Angela yang berasal dari Yunani angelous yang berarti "pembawa pesan" atau "malaikat" Johnson berarti "anak dari John (Yohanes)"




Angelina Johnson diperankan oleh Danielle Tabor di film Harry Potter dan Batu Bertuah, Harry Potter dan Kamar Rahasia serta Harry Potter dan Tawanan Azkaban. Di film adaptasi Harry Potter dan Piala Api, Danielle Tabor digantikan oleh aktris Inggris, Tiana Benjamin

Source: Harry Potter Wiki



0 komentar :

Posting Komentar