Sabtu, 20 Oktober 2012

Dean Thomas

Kalau kamu Potterheads, atau kamu sering nonton film-film Harry Potter, kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan karakter satu ini. Apalagi yang sudah baca bukunya... pasti tahu siapa dia. Nah berhubung dia ini merupakan salah satu karakter favorit saya, sebagai awal perkenalan kita, saya mau bahas dia dulu nih. Yang belum tahu, silahkan dilihat penjelasan karakternya di bawah!


Namanya adalah Dean Thomas. Fisik Dean digambarkan sebagai seseorang yang memiliki rambut hitam dan kulit gelap. Tubuhnya tinggi bahkan lebih tinggi dari Ron Weasley karena leher Dean yang panjang. Dean adalah anak tertinggi di dalam kamarnya di Gryffindor. Dean adalah seorang penyihir berdarah campuran anak dari seorang penyihir dan seorang Muggle. Ayahnya meninggalkan Dean dan Ibunya ketika Dean masih kecil. Kemudian Ibunya menikah lagi dengan seorang pria yaitu Mr Thomas yang membesarkan Dean seperti anaknya sendiri. Dari pernikahan kedua Ibunya ini, Dean memiliki saudara yang semuanya adalah perempuan. Dean tinggal di London dan menjadi salah satu pendukung berat tim sepak bola West Ham.

Dean bertumbuh dengan pemikiran bahwa dia adalah Kelahiran Muggle karena Ayah kandungnya tidak pernah memberitahukan padanya bahwa Ayahnya seorang penyihir. Ayah Dean pergi meninggalkan Dean dan Ibunya karena menurut Ayah Dean, anak dan istrinya akan terlindungi dengan cara demikian. Meskipun akhirnya Ayah Dean dibunuh oleh Pelahap Maut karena Ayah Dean menolak untuk bergabung dengan Pelahap Maut.

Saat mendapat surat dari Hogwarts, Ibu Dean kemudian menduga bahwa Ayah kandung Dean adalah seorang penyihir. Dean memulai pendidikannya di Hogwarts pada 1 September 1991. Dean diseleksi masuk ke Gryffindor bersama dengan Harry Potter, Hermione Granger, Ron Weasley, Neville Longbottom, Seamus Finnigan, Lavender Brown, dan Parvati Patil. Dean berbagi kamar dengan Harry, Neville, Ron dan Seamus yang kemudian menjadi sahabatnya.

Dean dikenal sangat artistik. Dean pernah menggambar singa Gryffindor pada sebuah poster bertuliskan "Harry for President" dan gambar singa tersebut akan berubah-ubah warnanya. Dean menggambar singa Gryffindor ini untuk mendukung temannya Harry saat Harry mengikuti pertandingan Quidditch pertamanya.

Saat bersekolah di Hogwarts, sama seperti Harry, Dean bukanlah penggemar Quidditch. Meskipun akhirnya Dean bermain Quidditch untuk Gryffindor dan menjadi Chaser (Dean adalah satu-satunya anak laki-laki yang bermain sebagai Chaser untuk tim Gryffindor) yang lumayan berbakat menggantikan Katie Bell yang masuk rumah sakit dan harus menerima perawatan karena menyentuh kalung yang telah diberi kutukan. Meskipun begitu, Dean tetap mendukung tim sepak bola West Ham dan menempel poster mereka di atas tempat tidurnya yang membuat Ron tidak habis pikir, bagaimana mungkin ada permainan yang hanya menggunakan satu bola, dua gawang, dan tidak ada pemain yang diijinkan menggunakan sapu terbang.

Ketika sekolah Hogwarts menjadi tuan rumah Turnamen Triwizard, Dean mendukung temannya Harry Potter. Meskipun banyak siswa Hogwarts yang tidak mendukung Harry karena Harry adalah juara termuda dalam turnamen tersebut, yang seharusnya tidak diperbolehkan mengikuti turnamen karena melanggar peraturan. Kebanyakan dukungan diberikan kepada Cedric Diggory sebagai perwakilan dari Hogwarts.

Dean percaya dengan kata-kata Harry bahwa Lord Voldemort telah kembali, setelah Harry menyelesaikan tantangan terakhirnya dalam turnamen dan membawa mayat Cedric Diggory yang telah dibunuh oleh Lord Voldemort kembali ke Hogwarts. Dean kemudian menjadi salah satu anggota perkumpulan rahasia yang dibentuk oleh Harry Potter yaitu Laskar Dumbledore. LD dibentuk secara diam-diam karena pada saat itu, Dolores Umbridge yang dikirim dari Kementrian Sihir sebagai pengamat mengumumkan bahwa siswa-siswi di Hogwarts tidak akan melakukan praktek sihir melawan sihir hitam dan hanya mempelajari teori tentang sihir saja. LD dibentuk untuk melatih para anggotanya. Para anggota LD belajar melakukan mantra-mantra dan berduel. Meskipun pada akhirnya LD dibubarkan pada akhir tahun.

Ketika mengambil kelas Ramalan, Dean pernah tidak sengaja menyinggung perasaan guru baru di kelas Ramalannya yaitu Firanze. Firanze menjadi guru baru di kelas Ramalan menggantikan Sybil Trelawney yang dipecat oleh Umbridge. Firanze adalah Centaurus. Firanze mengatakan bahwa dia dan kaumnya tinggal di Hutan Terlarang. Hal ini membuat Dean bersemangat untuk menemukan lebih banyak Centaurus lagi dan menanyakan pada Firanze apakah Hagrid memelihara para Centaurus tersebut. Tetapi Firanze mengatakan bahwa kaum Centaurus hanya bergantung pada kaum mereka sendiri dan tidak pernah berhubungan dengan manusia sehingga tidak memerlukan bantuan manusia untuk bertumbuh dan berkembang biak. Kata-kata Firanze tersebut membuat Dean menjadi malu.

Dean juga kemudian memacari Ginny Weasley adik dari Ron. Namun Ron tidak setuju Dean memacari adiknya. Hubungan Dean dan Ginny tidak bertahan lama karena Ginny jatuh cinta kepada Harry. Dean dan Ginny juga selalu bertengkar. Akibatnya, Ginny kemudian memutuskan Dean. Setelah putus dari Dean, Ginny terlihat berciuman dengan Harry di pesta Quidditch dan membuat Dean kesal sehingga memecahkan gelas. Dean hanya sedikit terluka karena temannya dan mantan pacarnya begitu cepat bermesraan. Tetapi Dean tidak menyimpan dendam terhadap Ginny maupun Harry.

Dean tidak sempat melanjutkan tahun ketujuhnya bersekolah di Hogwarts karena statusnya yang diduga sebagai Keturunan Muggle. Dean kemudian meninggalkan Sekolah Sihir Hogwarts demi keselamatannya pada tahun 1997. Kementrian Sihir dibawah kendali Lord Voldemort menangkap semua Keturunan Muggle dan menjebloskan mereka ke penjara Azkaban dengan tuduhan mencuri sihir. Dean tidak dapat kembali ke Hogwarts karena Hogwarts telah menetapkan kebijakan yang ketat tentang Ditiadakannya Keturunan Muggle atas perintah kepala sekolah yang baru, Severus Snape yang menggantikan Albus Dumbledore karena Albus telah mati dibunuh.

Dalam pelariannya, Dean bertemu dengan trio Harry, Ron dan Hermione. Mereka kemudian ditanggkap oleh para Snatchers yang membawa mereka ke Kediaman Malfoy dan dikurung di ruang bawah tanah - kecuali Hermione yang disiksa dengan kutukan Cruciatus oleh Bellatrix Lestrange guna mengorek informasi - pada saat dikurung, Dean, Ron dan Harry bertemu dengan Luna Lovegood dan Mr Ollivander.

Saat dikurung di Kediaman Malfoy, Dean dan teman-temannya kemudian diselamatkan oleh Dobby si Peri Rumah yang membawa mereka ke rumah Bill dan Fleur dalam penyelamatan tersebut, Dobby terluka parah karena tertusuk oleh belati milik Bellatrix dan tidak sempat diselamatkan. Dean membantu Harry dan Ron untuk menggali kubur bagi Dobby (tanpa menggunakan sihir) sebagai penghormatan terhadap peri itu. Dean dan teman-temannya yang lain bersembunyi selama beberapa bulan di rumah Bill dan Fleur. Dalam persembunyian tersebut, hubungan Dean dan Luna mulai dekat. 

Ketika kembali ke Hogwarts, saat masuk ke dalam Ruang Kebutuhan, Dean disambut pelukan oleh sahabatnya Seamus. Ketika hendak bertarung, Seamus heran, karena sahabatnya itu tidak memiliki Tongkat Sihir. Dean akhirnya memenangkan tongkat sihir (tidak jelas dari siapa) yang digunakannya untuk melanjutkan pertempuran di Hogwarts bersama dengan teman-temannya dari LD dan seluruh siswa serta staf Hogwarts yang tersisa.

Dean adalah salah satu dari orang-orang yang tetap tegar saat Harry disangka telah mati oleh Lord Voldemort dan para pengikutnya. Dean juga menyaksikan duel antara Lord Voldemort dan Harry Potter sahabatnya dan kemudian Lord Voldemort di musnahkan oleh Harry. Di akhir cerita Dean terlihat sedang duduk bersama Aberforth Dumbledore dan Seamus sambil berbincang-bincang dengan santai.

Nama Dean berarti "kepala" atau "pemimpin" yang biasanya digunakan sebagai gelar dari Kepala Bagian atau di Sekolah maupun di Universitas. Thomas berarti "kembar"



Dean Thomas diperankan oleh aktor Inggris, Alfred Enoch

Source: Harry Potter Wiki

0 komentar :

Posting Komentar