Senin, 12 November 2012

Metamorphmagus

Saya jamin, yang suka sama karakter Nymphadora Tonks, Auror kebanggan Hufflepuff ini (Yup! Dora itu dari Hufflepuff!) pasti tidak asing dengan sebutan 'metamorphmagus'. Benar sekali! Dora adalah seorang metamorphmagus. Apa sih metamorphmagus itu? Nah, saya akan jelaskan dibawah ini, apa itu Metamorphmagus.


Metamorphmagus adalah penyihir yang memiliki kemampuan untuk merubah penampilan sesuai dengan keinginan atau keperluannya. Penyihir dengan kemampuan Metamorphmagus ini tidak perlu meminum ramuan Polyjus atau menggunakan mantra untuk merubah penampilan mereka seperti yang dilakukan kebanyakan penyihir. Penyihir dengan kemampuan Metamorphmagus merupakan penyihir yang sangat langka, sehingga jarang sekali ditemui dalam Dunia Sihir.

Tidak seperti Animagi (animagi dapat mentransformasikan dirinya sesuai dengan 'hanya' satu bentuk hewan tertentu), Metamorphmagi dapat merubah dirinya menjadi apa saja, merubah jenis kelamin dan usia, serta merubah dirinya sehingga mirip dengan seseorang, atau bahkan hanya merubah beberapa dari bagian tubuh mereka (misalnya merubah warna rambut saja). Sedangkan Animagi juga dapat bertransformasi sesuai dengan keinginannya, tetapi mereka hanya dapat berubah menjadi satu bentuk hewan yang sesuai dengan ciri-ciri mereka (Peter Pettigrew misalnya, animagusnya adalah tikus, disesuaikan dengan penampilan fisiknya yang memang mirip tikus). Tidak pernah diungkapkan bahwa Metamorphmagi dapat merubah dirinya menjadi hewan, tetapi hal ini sangat tidak mungkin dibandingkan dengan ramuan yang dapat menggambarkan perubahan penampilan dengan lebih spesifik.

Juga, seorang Metamorphmagus dilahirkan, tidak dibuat (maksudnya adalah Metamorphmagus alamiah. Seseorang tidak dapat menjadi Metamorphmagus dengan dilatih), kemampuan ini tidak dapat dipelajari. Tetapi kemampuan ini mungkin dapat diwarisi, karena, Nymphadora Tonks dan anaknya Teddy Lupin sama-sama adalah Metamorphmagi, meskipun orang tua Tonks bukanlah Metamorphmagi. Kemampuan ini dapat terlihat saat masih usia dini, karena rambut Teddy berubah warna ketika dia masih bayi, begitu juga dengan ibunya.

Tidak diketahui apakah Metamorphmagi menerima pembelajaran untuk mengembangkan kemampuan bawaan dari lahir mereka ini, ataukah mereka belajar sendiri dengan percobaan dan kesalahan yang mereka alami, yang membuat mereka sangat jarang ditemukan, sehingga menunjukkan bahwa agaknya tidak banyak latihan untuk mengembangkan kemampuan ini.

Tidak diketahui juga apakah para Metamorphmagi harus mendaftarkan diri mereka ke Kementrian Sihir seperti yang dilakukan oleh para Animagi, karena Metamorphmagi tidak pernah memilih untuk menjadi seorang Metamorphmagi sedangkan, Animagi memilih untuk menjadi seorang Animagi. Namun demikian, Kementrian berusaha untuk mencegah Animagi untuk menyalahgunakan kemampuan mereka, diduga bahwa Metamorphmagi juga harus mendaftarkan diri mereka karena alasan yang sama, meskipun mungkin alasan tersebut tampak tidak adil dan lebih mudah untuk diabaikan, karena Metamorphmagi dapat dengan mudah menyangkal adanya kemampuan tersebut dalam diri mereka dari Kementrian untuk menghindari pendaftaran diri. Meskipun tampaknya tidak logis jika menginginkan mereka untuk harus terdaftar karena mereka akan terlihat mirip dengan bentuk asli mereka sendiri (mereka tidak akan merubah diri mereka dihadapan Kementrian) sehingga tidak perlu untuk mendaftarkan diri, atau mereka akan terlihat berbeda - mereka tidak memiliki 'tanda pengenal' seperti Animagi - ini menyebabkan setiap upaya yang dilakukan untuk mendaftarkan para Metamorphmagus akan sia-sia karena tidak akan ada cara untuk mengetahui bahwa seseorang adalah Metamorphmagi.

Seperti jenis-jenis sihir yang lain juga, kemampuan seorang Metamorphmagus dipengaruhi oleh suasana hatinya. Penampilan yang diperlihatkan oleh seorang Metamorphmagus sering memperlihatkan perasaan dia saat itu. Emosi yang kuat, seperti syok atau depresi, dapat mengakibatkan "masalah" dalam menggunakan kemampuan mereka (dalam hal ini masalah maksudnya, mereka tidak bisa mengontrol diri untuk tidak merubah penampilan mereka karena terbawa perasaan). Contohnya, Nymphadora Tonks mengalami kesulitan dengan kemampuannya ketika dia mengalami depresi karena rasa cintanya kepada Remus Lupin serta kematian Sirius Black.

Kemampuan Metamorphic akan sangat menguntungkan jika digunakan dalam penyamaran. Contohnya, Nymphadora Tonks menggunakan kemampuannya ini sebagai mata-mata untuk Orde Phoenix.

Seorang Metamorphmagi dapat dilahirkan dari seseorang yang bukan Metamorphmagi, karena Nymphadora Tonks adalah Metamorphmagus, sedangkan ibunya Andromeda Black, dan ayahnya Ted Tonks bukan Metamorphmagus.

Dalam bahasa Yunani, "meta" berarti "berubah", "morph" berarti "bentuk", dan "magus" berarti "sihir atau penyihir." Karena itu, seorang penyihir dapat berubah bentuk , dan istilah "Metamorphosis" adalah istilah untuk menggambarkan hewan berubah menjadi hewan lainnya seperti bagaimana seekor ulat berubah menjadi kupu-kupu.

Source: Harry Potter Wiki

1 komentar :

Anonim mengatakan...

Merkur Fc - Review, Scam or Safe to Play?
The Merkur starvegad Fc is an adjustable safety razor, developed in Solingen. The Merkur 메리트카지노 Fc is an adjustable razor which offers a 메리트카지노 maximum balance of 4 ounces.

Posting Komentar